Perbedaan game bajakan dengan game original

Jumat, 30 September 2016

Perbedaan game bajakan dengan game original


haloo guys....apa kabar? baik yaaa...sorry udah seminggu ini gue gak posting posting, abisnya sibuk sama sekolah,,,abis uts soalnya....maaf ya..

gue mau cerita nih....boleh kan? boleh dong....masa enggak
kemaren ada temen gue yang nanya.
"Aldy, kamu suka main game kan?". kata temen gue
"iya, emang kenapa daf?"
"ini gue kayaknya mulai ketagihan main game nih....gara gara kemaren main ke Mozart(warnet)...sekarang gue pengen main dirumah gue sendiri, komputer sih ada, cuman belum ada game nya, trus 2 hari lalu temen gue bilang jangan beli game bajakan, mening ori aja lebih enak,,,nah....emang apa sih bedanya game original sama bajakan, perasaan sama sama aja deh game nya masih tetep gitu?"
"ow ow ow..calon gamer nih..wkwk....kata siapa sama daf, beda jauh ...kalo kamu mau tau bedanya apa, ntar deh gue kasih tau lewat blog gue..
"okedeh..."

nah,,,,sekarang gue mau menuhin janji gue yang kemaren itu...jadi gue sekarang akan membahas tentang...apa sih bedanya game original dengan game bajakan?
okedeh langsung aja

1. KUALITAS
kualitas game bajakan sama game original pasti beda lah ya......game original tuh pasti kualitas nya lebih bagus, soalnya data data nya tuh disusun rapih sama developer nya, sehingga jarang terjadi error, beda banget lah sama game bajakan yang sering error gak jelas gitu, gara gara datanya diacak acak sama pembajak game nya.....

2.CARA MENDAPATKANNYA
kalo game bajakan tuh kan bisa didownload gratis di internet atau bisa juga beli online atau bisa juga di toko-toko dvd manapun, beda dengan game original, kalo game original tuh kalo mau download dari internet harus beli game nya dulu, dan beli nya pun harus di website resmi gitu, kayak steam, origin, dan uplay, tapi kalo males download gamenya dari internet bisa juga beli di toko resmi game original,yang gue tau sih cuman yang di jakarta mangga dua, kalo beli game ori di toko resmi tuh pasti dikasih yang versi retailnya(fisik).

3.FITUR
kalo game bajakan tuh kalo game udah tamat, udaah aja gak ada apa apa lagi, trus main nya cuma sendiri aja, beda dengan game original, yang kalo udah bosen main sendiri bisa main sama pemain lain lewat multiplayer

4.KEAMANAN
kemungkinan game bajakan mengandung virus itu sangat besar guys, kan kalo mau main game bajakan tuh..pas installnya harus nge-copy crack kan? nah.. si virus nya tuh datang dari crack itu, virus itu  bisa ngerusak komputer kalian, beda sama game orignal, kalo game original tuh gak ada namanya crack-crack an, game original tuh dijamin aman, bersih dari virus, karena pas install game nya harus lewat steam( kalo game dari steam),origin(kalo game dari origin), atau Uplay, begitu juga pas mainin game nya... harus lewat itu juga. dan steam,origin, dan uplay itu server nya sangat sulit ditembus orang lain guys..makanya game itu aman

5.KEBUTUHAN KONEKSI INTERNET
kalo game bajakan? ya jelas lah..gak perlu koneksi internet, soalnya memang gak bisa online, beda sama game original, kalo game original perlu koneksi internet, untuk apa? ya untuk main online..walaupun ada beberapa game dari steam yang gak perlu koneksi internet, karena game itu adalah game lama, tapi ada juga sih game baru yang bisa main online dan offline, segimana game nya itu mah....kalo di steam tuh ada fitur offline mode nya, jadi kalo misal internet lagi gak jalan, tapi pingin main game, ya rubah aja settingan steam nya ke mode offline

6. KEMASAN
kalo kalian beli game bajakan, kemasan nya mungkin gak rapih...alias jelek, gambar di cover cd nya juga dari kertas hvs, dan tulisan di cover nya pun banyak yang burem...jadi memberi kesan tidak menarik, padahal tujuan pengemasan itu kan supaya terlihat menarik, beda dengan game original versi fisik, kalo yang original tuh pengemasan nya wuuuhhh menarik sekali guys, mengkilap, bersih, tersegel rapat, rapih...pokok nya mantap lah...

7.HARGA
kalo game bajakan itu harganya terbilang murah, sekitar 4.000-25.000 rupiah per dvd nya, bukan per game ya..ya mungkin inilah alasan mengapa ada gamer yang memilih untuk membeli game bajakan daripada game original, karna memang game bajakan ini harga nya murah, coba bandingkan dengan game original, yang harga nya sampai ratusan ribu bahkan ada yang jutaan...tapi walaupun mahal..game tersebut sudah terjamin kualitasnya..


maksud saya menulis artikel ini tuh bukannya untuk membully ataupun mengejek para pengguna game bajakan, karena sebelum saya beralih ke game original pun saya pernah memainkan game bajakan..tetapi, maksud sebenarnya adalah untuk mengajak teman-teman untuk menghargai hasil karya mereka, yang membuat game nya....salah satunya dengan cara membeli game yang original.... apabila kita membeli game bajakan, uang yang kita beri tidak akan sampai ke pembuat game yang asli nya, tetapi kepada orang yang menjual game bajakannya, coba kalau pembuat game nya adalah kalian, kalian cape-cape bikin game nya, mengeluarkan banyak biaya, menghabiskan banyak waktu..tetapi yang dihargai nya adalah orang lain..gak enak kan rasanya? jadi mulai sekarang mulailah menghargai orang lain. Ada pepatah mengatakan, Hargailah orang lain maka orang lain akan menghargaimu. oiya..dan bagi kalian yang tidak punya uang yang cukup untuk membeli game original...tahanlah nafsu anda untuk membeli game bajakan, dan cobalah untuk menabung..walaupun sedikit demi sedikit demi menghargai sesama..oke?


Game Bajakan

Beli game di Steam

Main Online

contoh file game original
yaa...sekian deh guys dari saya, bila ada kekurangan, mohon dimaafkan dan ditulis di komen disertakan dengan solusinya supaya saya bisa memperbaiki kesalahan saya..oke? 





10 komentar :

  1. Bro,kalo ane pinjem akun temen buat download game yang udah dibeli
    di playstore itu termasuk bajakan bukan? Contoh nih: Temen Ane udah beli Minecraft di Google Play,trus ane mau download pake akun dia....gimana tuh? Apa itu termasuk bajakan?

    BalasHapus
  2. itu gak disebut bajakan broo :) itu berarti temen ente beli produk ori, dan ente minjem akun dia, otomatis kan kalo seperti itu, tiap kali ente mau main game onlinenya harus login pake akun dia, jadi ya gak ada masalah, paling rebutan akunnya hehee

    BalasHapus
  3. Gw kgk tau game ori atau bajakan, soalnya gw gk main game di komputer. Tapi gw mau nanya, klo gw kan dri dulu mainya di ps nih.... ya ps2, ps3 dan ps 4... gw beli di toko ps, dan itu biasanya di kasih bonus game atau ps nya udah di isi game.... itu gamenya bajakan atau bukan sih? Kgk tau soalnya gw..

    BalasHapus
  4. kalau setau saya, pas beli PS dan di dalamnya udah ada game nya itu biasanya bajakan bro/sis. kalo game ori biasanya untuk main game nya itu harus login dulu pake akun untuk gamenya.

    atau

    kalo bonus game nya punya fitur online(di cek di internet), tapi di console bro/sis gak bisa make fitur itu sekali pun padahal sudah terkoneksi internet dengan baik, berarti gamenya bajakan.

    BalasHapus
  5. Setelah meliat postingan ini saya membuang ps3 saya dan memainkan ps2 kembali mengenang masa kecil yg indah

    BalasHapus
  6. https://www.youtube.com/channel/UCBCfNkqhu2kZKN4e30Fkenw/videos

    BalasHapus
  7. Makasi banyak bre ingfonya 👊😎

    BalasHapus