Jadilah Proaktif

Rabu, 06 Mei 2020

Jadilah Proaktif


Ciri Orang Sukses Adalah Orang yang Proaktif


kalian pasti pernah dengar kan statement di atas?



pastinya..tapi apakah kalian tau apa  proaktif itu? bedanya sama reaktif apa? kalian termasuk yang mana? dan kenapa proaktif itu penting?


nah disini gue akan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas dengan bahasa se ringan mungkin ya guyss supaya kalian bisa memahami dengan sangat mudah okay?  dimulai dari...


1. REAKTIF (korban)

kalian pernah gak sih punya teman atau ketemu orang yang kalo mengalami sesuatu yang buruk, entah itu berantem, terkena musibah, atau mendapat komentar yang pedas, dan mereka langsung bereaksi dengan spontan tanpa memikirkan akibatnya? kalau pernah, berarti kalian telah bertemu dengan orang yang reaktif. 

orang reaktif ini melepaskan tanggung jawab nya. artinya apa bro?
mereka berperan sebagai korban yang tidak berdaya. ketika mereka mendapat masalah, mereka sibuk memfokuskan diri pada hal yang tidak penting atau tidak bisa dia lakukan, mereka menyalahkan orang lain, berharap orang lain akan menyelesaikan masalahnya, bertindak hanya sesuai perasaan saat itu tanpa memikirkan apakah tindakan itu membuat hal menjadi baik atau tidak. 

contohnya gini guys, Joshua diejek oleh Adit. terus Joshua langsung merespon dengan kembali mengejek Adit atau bahkan ,karena marah, dia memukul Adit.yang berakibat masalah tidak selesai.

Joshua langsung merespon terhadap apa yang diterimanya saat itu juga tanpa memikirkan akibatnya.apakah dengan mengejek kembali atau memukulnya akan menyelesaikan masalah? 

intinya, reaktif adalah sifat langsung merespon terhadap situasi tanpa memikirkan akibatnya.

tentunya hal ini buruk guyss, kalian bisa stress karena masalahnya tidak kunjung selesai atau bahkan masalahnya bertambah besar, apa kalian mau masalahnya jadi semakin besar? masih mending kalo masalahnya penting, kalau tidak? wah makin rugii.

Contoh bahasa yang dipakai orang reaktif:
  • Gak ada yang bisa gue lakukan
  • Gue orangnya emang begitu
  • Gue terpaksa melakukan itu
  • Dia bikin gue marah dan murung


2. PROAKTIF (pelaku)

Nah kalo proaktif itu kebalikan dari Reaktif guyss, orang proaktif ini kalo menerima sesuatu, dia gak langsung respon seenak jidat, dia akan menyadari bahwa dia punya kemampuan untuk memilih respon yang tepat terhadap situasi tertentu.(NOTE: semua orang punya kemampuan ini)

jadi, semisal joshua orang yang proaktif, ketika dia diejek, dia tidak akan langsung membalas adit, tetapi dia berpikir dulu, "kalo gue bales ngejek lagi, gunanya apa ya?",
kalau ternyata membalas dengan mengejek tidak ada gunanya dan tidak menyelesaikan masalah, maka joshua tidak memilih untuk melakukan itu dan mencoba mencari respon lain yang lebih tepat. itulah yang disebut proaktif.

Contoh Bahasa orang Proaktif
  • Pasti ada cara lain nih
  • Gue bisa menjadi lebih baik
  • Gue akan memilih respon yang tepat
  • Gue mengontrol perasaan gue

gimana guyss? sudah terbayang kah apa bedanya proaktif dan reaktif? kalian termasuk yang mana?

sebenernya, yang menjadi masalah dalam hidup ini bukanlah tentang apa yang menimpa kita, melainkan tentang bagaimana kita merespon terhadapnya. apakah kita ingin hanya mengeluh dan berharap orang lain akan menyelesaikan masalah kita? atau kita fokus kepada apa yang bisa kita lakukan untuk menyelesaikan masalah yang ada? 
 it's your choice.. 


Terus gimana nih bro, ternyata selama ini gue orang yang reaktif,  gue harus gimanaa?

tenang broo karena gue punya beberapa tips yang bisa kalian praktekkan. berikut adalah tipsnya.

1. coba dengerin kata-kata yang kalian dan lingkungan kalian ucapkan sehari-harinya, kalau ada ucapan reaktif, jangan dengarkan dan coba ubah ke bahasa proaktif.
2. Selalu ingat bahwa manusia memiliki kemampuan untuk memilih respon terhadap situasi

okedeh guys segitu aja dari guee, thank you semoga bermanfaat :)


source: 7 habits of highly effective people



0 komentar :

Posting Komentar