Pertama Kali Belajar Ngoding

Rabu, 06 Mei 2020

Pertama Kali Belajar Ngoding


halo guys kembali lagi bersama guee, Aldy.
kali ini gue mau berbagi cerita pengalaman gue pertama kali belajar ngoding. okedeh langsung aja yaa.

Kenapa Gue Belajar Koding?

karena gue melihat di era digital ini, kemampuan IT sedang On-Demand, seperti Programmer, software engineering, Data science, Data analyst, Business intelligence, Business analyst, Artificial Intelligent (AI). hal-hal itu sedang on-demand guys, selain itu karena gue belum pernah ngoding sebelumnya dan gue senang belajar hal baru, jadi ya gue mulai belajar deh koding.

awal-awal tuh gue bingung banget guys, ngoding tuh buat apa, gimana caranya kok bisa jadi aplikasi, website, AI, trus kok bisa memprediksi ini produk kedepannya bakal laris atau gak, pokoknya gak tau apa-apa dehh, tapi gue kepo.

pertama kali gue belajar koding tuh gue pake bahasa C guys, kenapa bahasa C? karena bahasa C itu termasuk salah satu bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari karena bahasanya mirip dengan bahasa manusia yaitu bahasa inggris, dan juga pemrograman bahasa C ini menjadi praktikum di jurusan kampusku yaitu S1 Teknik Elektro. jadi tiap seminggu sekali selama 1 semester tuh gue praktikum pemrograman di kampus, disana diajarin dasar-dasarnnya seperti format kode yang bisa dipake dipakai untuk ngodingnya(syntax) , algoritmanya, terus diakhir semester gue disuruh buat program mesin kasir guys, dan sayangnya gue gagal bikinnya karena bingung logika nya gimana hehee.Tapi gapapalah setidaknya gue mencoba. tapi sayang bahasa C ini tidak efektif untuk membuat program-program besar seperti game android, aplikasi desktop, bahasa C ini sangat efektif untuk menyelesaikan masalah-masalah sederhana saja, seperti mencari nilai tertinggi dalam suatu data, game tebak angka, program kasir, website kecil-kecilan, jadi belajar bahasa C nya gak gue lanjutin deh.

dari praktikum itu gue dapet ilmu baru, ternyata kita bisa membuat suatu program yang fungsi nya itu beraneka ragam, bisa jadi kalkulator, mesin kasir, dan banyak lagi yang lainnya, intinya bisa mempermudah pekerjaan manusia. karena memang fungsi dari program adalah membuat yang manual menjadi otomatis. contohnya, windows, linux, dan os lainnya, Ms.excel, word dll itu merupakan sebuah program, dan program itu mempermudah pekerjaan manusia seperti menghitung perhitungan yang kompleks, menulis tanpa takut salah karena tulisannya bisa dihapus dengan sangat mudah. 

pemrograman itu mudah untuk dipelajari, tetapi sulit untuk dikuasai, itulah yang orang-orang katakan. dan itu benar, pemrograman mudah dipelajari, seperti cara menampilkan sesuatu di layar, cara meminta input user, cara melakukan perulangan, dll. ketika sudah menguasai hal-hal yang dasar(mudah dipelajari), barulah kesulitan terasa ketika kita ingin membuat program besar atau kita punya masalah dan ingin menyelesaikannya dengan suatu program. disitulah letak kesulitannya, karena seringkali masalah yang ingin kita selesaikan itu tidak bisa diselesaikan hanya dengan menggunakan hal-hal dasar yang telah dipelajari, biasanya kita juga harus memahami hal lainnya seperti aplikasi yang diperlukan untuk membuat program kita efektif, otomatis kita harus belajar lagi gimana cara menggunakan aplikasinya, kemudian belajar grafis untuk menentukan gimana tampilan program kita setelah jadi. ribet, tapi worth it.

belajar pemrograman membutuhkan waktu yang lama, kesabaran, dan tekad yang kuat. karena ngoding itu melelahkan, serius, melelahkan, ketika atau setelah koding, kepala tuh kerasa panas, badan lemes, haus,apalagi pas puasa, beuh lemes dehh. tapi ketika kita udah ngerti program dan bisa membuat aplikasi, website, AI, apalagi bisa menggunakan skill ngoding kita untuk bisnis, mantap deh pokoknya. 

Btw gue sekarang lagi belajar bahasa python guys, dengan tujuan nantinya gue bisa bikin website, aplikasi, dan membuat AI. 


0 komentar :

Posting Komentar